SISTEM EKSKRESI

Setiap saat di dalam tubuh makhluk hidup berlangsung proses biologis yang menghasilkan zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh. Bila kadar zat-zat sisa tersebut di dalam tubuh berlebihan, akan membahayakan tubuh kita sendiri. Oleh sebab itu, zat sisa tersebut harus dikeluarkan. Proses pengeluaran zat-zat sisa yang merupakan hasil suatu proses faal di dalam tubuh disebut pengeluaran.

Mengeluarkan zat merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Oleh karena itu, proses fisiologis ini berlangsung pula pada hewan, mulai yang berderajat terendah hingga yang berderajat tertinggi.

Pengeluaran juga disebut ekskresi yaitu proses pembuangan sisa-sisa metabolisme dari tubuh. Bahan-bahan yang dikeluarkan biasanya terdapat dalam bentuk terlarut dan ekskresinya melalui suatu proses filtrasi selektif. Alat-alat tubuh yang berfungsi dalam hal ekskresi secara bersama-sama disebut sistem ekskresi. Beberapa alat dapat mengekskresikan sisa metabolisme, misalnya paru-paru, kulit, hati, insang, ginjal. Ginjal mempunyai fungsi spesifik untuk ekskresi sisa metabolisme yang mengandung nitrogen.

Proses pengeluaran zat-zat sisa dari dalam tubuh manusia dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. Defekasi adalah proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan makananyang disebut feses dan dikeluarkan melalui anus.

2. Ekskresi adalah pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang tidak dipakai lagi oleh sel dan darah, dikeluarkan bersama urine, keringat dan pernapasan.

3. Sekresi adalah proses pengeluaran getah oleh sel dan kelenjar. Getah yang dikeluarkan masih berguna untuk proses faal di dalam tubuh. Getah ini biasanya mengandung enzim.

Zat makanan pokok manusia yang banyak dikonsumsi adalah karbohidrat, protein dan lemak. Zat-zat tersebut setelah mengalami metabolisme di dalam tubuh (jaringan) akan menghasilkan energi danzat-zat sisa. Karena unsur penyusunnya berbeda maka zat-zat sisanya pun berbeda. Berikut ini akan dibahas mengenai:

1. Sistem Ekskresi Pada Manusia dan Hewan Vertebrata

2. Sistem Ekskresi Pada Hewan Invertebrata

3. Nefrologi dan Ekskresi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: